Warga Desa Karangtengah Kecamatan Karangsembung Terima Sertifikat Tanah Gratis Dari BPN.

  • Whatsapp

Kabupaten Cirebon || Metrosurya.net – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) tertuang dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dan juga merupakan Instruksi Presiden nomor 2 tahun 2018 tentang Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap seluruh wilayah Indonesia.

Masyarakat Desa Karangtengah Kecamatan Karangsembung Kabupaten Cirebon telah mendapatkan sertifikat tanah gratis program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dari pemerintah pusat melalui Badan Pertanahan Nasional ( BPN ) Kabupaten Cirebon ditahun 2023.

Sebanyak 96 sertifikat tanah program PTSL warga Desa Karangtengah diserahkan langsung oleh pihak BPN melalui Waka Yuridis Agus Kurniawan, secara simbolis bertempat diaula Kantor Balai Desa Karangtengah dengan mengedepankan penerapan kedisiplinan.

Penyerahan sertifikat program PTSL tahun 2023 Desa Karangtengah dihadiri oleh pihak BPN Waka Yuridis Agus Kurniawan, Camat Karangsembung Sujatmoko, Kapolsek Karangsembung AKP Agus dan Perwakilan Danramil, Kuwu Karangtengah Juli Suhaedi, Perangkat Desa dan seluruh warga penerima sertifikat.

Dalam wawancaranya dengan Media, Jumat ( 25/8/23 ) Kuwu Desa Karangtengah Juli Suhaedi mengatakan bahwa program PTSL ini dibiayai oleh pemerintah pusat sehingga masyarakat tidak dikenakan biaya penerbitan sertifikat, adapun biaya administrasi hanya dikenakan Rp. 150 ribu sesuai apa yang tertuang dalam keputusan SKB 3 Menteri, katanya.

” Saya sebagai Kuwu Desa Karangtengah sangat bersyukur dengan adanya program PTSL yang menyasar untuk warganya dan saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah termasuk pemerintah Kabupaten Cirebon melalui BPN ” ini merupakan salah satu janji saya ketika mencalonkan diri maju sebagai Kuwu Desa Karangtengah yang tercantum didalam visi dan misi, Alhamdulillah bisa terealisasi ” tegasnya.

Saya berharap agar sertifikat tanah program PTSL ini dapat dimanfaatkan sebaik baiknya sebagai legalitas hak atas tanah ” manfaatkan dan jaga sertifikat dengan baik, jangan sampai hilang, simpan dengan baik ” tutup Kuwu Desa Karangtengah Juli Suhaedi.

Ditempat yang sama Camat Karangsembung Sujatmoko STP menyampaikan rasa bahagia dan senang karena masyarakat atau warga Desa Karangsembung telah memperoleh sertifikat tanah gratis melalui program nasional dari Kementerian Agraria ” kami sangat berterima kasih dan bersyukur dengan adanya program PTSL ini, memiliki sertifikat ini menandakan bahwa masyarakat atau warga memiliki jaminan hukum yang sah atas bidang tanah sehingga tidak ada celah lagi pihak lain untuk mengakuinya, disisi lain juga program PTSL ini mengurangi beban masyarakat ” pungkasnya. (Nurhari)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *