Desa Se Kecamatan Lasem Melaksanakan Study Tiru dalam Mengoptimalisasi PAD

  • Whatsapp
Screenshot 2023 1128 205917

DIY || Metro Surya.Net – Pemerintahan Desa Se Kecamatan Lasem melaksanakan Study Tiru ke Pemerintah Kalurahan Girikerto Kapanewon (Kecamatan) Turi Kabupaten Sleman, Sabtu pagi (25/11/2023) bertempat di Bale Kalurahan Girikerto.

Rombongan yang di pimpin langsung oleh Camat Lasem datang pukul 11.00 WIB yang terdiri dari Perangkat Desa, TP-PKK dan Kades yang berjumlah kurang lebih 160 orang.

Screenshot 2023 1128 205857

Peserta yang hadir disambut langsung oleh Lurah Girikerto, Sekdes, dan Ketua BUMKAL, kemudian para perangkat desa ini di suguhkan welcome drink dan snack khas Girikerto dari Srikandi Sembodo Catering yang merupakan salah satu unit usaha dari BUMKAL Girikerto.

Acara dibuka langsung oleh Bapak Camat Lasem Sutarwi, S.IP., MPA., M.IDS, dalam sambutannya camat lasem menyampaikan rasa terimakasih atas sambutan dari Pemkal Girikerto, beliau juga menyampaikan bahwasanya di Lasem ada 20 Desa tetapi yang ikut ke Girikerto hanya ada 18 Desa saja.

“Harapan kami, nanti pulang dari Girikerto bisa menambah ilmu pak, apalagi di Girikerto terkenal dengan Kambing Peranakan Ettawa dan Susunya”, imbuhnya.

Setelah sambutan camat Lasem kemudian acara dilanjutkan dengan ucapan selamat datang dari Lurah Girikerto, H. Sudibya, S.Pd yang di lanjutkan pemaparan materi dari beliau.

Dalam materinya, Lurah Girikerto menjelaskan secara singkat profil Girikerto, hingga kegiatan apa saja yang dilakukan Pemkal dalam mengelola Pemerintahan dan Pemberdayaan di Masyarakat. Mulai dari pemetaan potensi dan masalah hingga pembuatan masterplan.

“Pemkal Girikerto dalam membuat masterplan dulu mengadakan FGD lintas OPD yang kemudian dalam penyusunannya dibantu oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY dan akademisi”, terangnya.

Screenshot 2023 1128 205929
Penyerahan Kenang – kenangan

Materi yang disampaikan kemudian dilengkapi dengan tanya-jawab dengan peserta yang hadir, kurang lebih ada 6 orang yang menanyakan seputar Girikerto dan diadakan penyerahan kenang-kenangan.

Ditempat terpisah salah satu peserta dari unsur perangkat desa Bapak Sony (sapaan akrabnya) berharap bahwa hasil dari kegiatan ini bisa di aplikasikan oleh seluruh desa di kecamatan lasem.

“Saya berharap kegiatan ini bisa diaplikasikan di seluruh desa yang ada dilasem, sehingga bisa meningkatkan pendapatan hasil desa (PAD) serta dapat mensejahterakan masyarakat yang ada di desa tersebut”. Ungkapnya.

Tak cukup sampai disitu, setelah makan siang para peserta diajak mengunjungi tempat pengolahan sampah yang ada di Dusun Nglempong dan belajar tentang peternakan kambing yang berada di Desa Wisata Edukasi Nganggring.

Screenshot 2023 1128 205907
Salah satu peserta mempraktekan memerah kambing

Kegiatanpun berakhir dengan menikmati suasana alam pedesaan di Desa Wisata Edukasi Nganggring hingga pukul 17.00 WIB.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *