Kapolres Cirebon Kota Ikuti Acara Syukuran Peringatan Hut ke-73 Korps Polairud di Ditpolairud Polda Jabar.

  • Whatsapp
Img 20231201 Wa0314

Cirebon || Metrosurya.net – Kapolres Cirebon Kota AKBP Muhammad Rano Hadiyanto, S.Ik.,M.M mengikuti acara syukuran Peringatan Hut Ke-73 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) Ditpolairud Polda Jabar.

Pada ulang tahun yang ke-73 tahun 2023 Korps Polairud mengambil tema “Polairud Presisi Siap Mengamankan Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju”.

Bacaan Lainnya

Syukuran tersebut di hadiri langsung Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus S.Ik., M.Si., M.M. beserta Ketua Bhayangkari Daerah Jawa Barat, Pejabat Utama Polda Jabar, Kapolres Jajaran Polda Jabar, Ka SPN Polda Jabar, Dansat Brimob Polda Jabar, Kasat Polairud Jajaran Polda Jabar dan tamu undangan lainnya di Aula Pesat Gatra Mako Dit Pol Airud Polda Jabar Jl. Kapt. Samadikun Dalam Kel. Kesenden Kec. Kejaksan Kota Cirebon. Jum’at (1/12/23)

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Jabar Irjen Pol Dr. Akhmad Wiyagus, S.Ik.,M.Si.,M.M didampingi Dir Polairud Polda Jabar Kombes Pol I Made Sukawijaya, S.Ik., M.Si lakukan pemotongan tumpeng.

Kapolda Jabar menyampaikan, Korps Polairud adalah Bhayangkara penjaga Dirgantara dan Bahari Nusantara yang selalu siap memberikan dharma bakti terbaik, demi terwujudnya Indonesia emas 2045.

Kehadiran Polisi Perairan telah dikenal sejak zaman Majapahit pada abad ke-13 sebagai penjaga Wilayah perairan Nusantara.

Kepercayaan dan wewenang untuk menjaga serta memerangi berbagai kejahatan di wilayah perairan nusantara, pasca kemerdekaan Indonesia eksistensi kepolisian perairan semakin dipertegas dengan dikeluarkannya keputusan Mendagri yang menyatakan bahwa kepolisian perairan sebagai bagian dari jawatan Kepolisian Negara sejak tanggal 1 Desember 1950.

“Dan selanjutnya ditetapkan sebagai hari jadi Korps Polairud Baharkam Polri,” ucap Kapolda.

Kapolda menjelaskan, Tahun 1957 digabungkan menjadi Korps Polairud. Kembali menjadi Korps Polair dan berada di bawah naungan Baharkam Polri, selama ini Korps Polairud baharkam Polri terus menunjukkan eksistensinya.

Patroli rutin penjagaan perbatasan dan pengamanan objek vital di laut serta hotspot area labu jangkar sehingga berhasil menurunkan angka kriminalitas di laut.

“Tentunya Kita patut berbangga karena dengan kerja keras ini Biro Maritim Internasional memberikan apresiasi kepada Korps Polairud Baharkam Polri,” jelasnya

Disamping itu, Bakti sosial, Bakti kesehatan dan menjadikan kapal Patroli menjadi Pustaka apung capaian prestasi Baharkam Polri sepanjang tahun 2023.

Polri telah memberikan penghargaan berupa 5 promosi pendidikan, 2 pin emas, dan 2 piagam penghargaan.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya. Semoga penghargaan ini dapat menjadi pemacu semangat seluruh personil Korp Polairud Baharkam Polri, untuk terus memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat tugas pengabdian sebagai Bhayangkara negara,” katanya.

Perjalanan tiada akhir masih banyak tantangan yang harus dihadapi tantangan polri ke depan semakin berat, oleh sebab itu tantangan tugas menjadi perhatian dalam menjaga stabilitas Kamtibmas tetap bersinergi dengan seluruh elemen guna menciptakan situasi Kamtibmas.

“Pemilu serentak 2024 mari bersama ciptakan pemilu aman dan damai berikan dukungan optimal agar terselenggara dengan baik dan menjadi teladan bagi masyarakat menjadi simpul perekat berpedoman pada Pancasila , polarisasi menciptakan pemilu damai dan sejuk, tetap jaga netralitas,” pungkasnya.

Nurhari – MS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *