Cegah Wabah Penyakit dan Bencana Banjir, Anggota Kodim Ngawi Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Pasar.

  • Whatsapp
Img 20231208 Wa0071

Ngawi || Metrosurya.net – Perubahan musim yang berdampak pada kondisi lingkungan, menjadi tanggung jawab bersama, untuk itu Anggota Kodim 0805/Ngawi dan instansi terkait bersama masyarakat bergotong membersihkan sampah yang terdapat di Pasar Beran dan lingkungan sekitarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan guna mencegah penyebaran penyakit disaat Musim hujan seperti ini. Sasaran pembersihan kali ni bertempat di lingkungan Pasar Beran, Desa Beran, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi,Jumat (08/12/2023).

Bacaan Lainnya

Danramil 01/Ngawi Kapten Inf Kasi selaku Penyeleggara mengatakan, hal itu dilakukan selain upaya mitigasi bencana banjir yang diakibatkan sampah yang menyumbat saluran air, juga sebagai upaya pencegahan timbulnya berbagai macam penyakit yang diakibatkan sampah yang mengeluarkan bau busuk. Misalnya penyakit saluran pernafasan, diare,Kulit dan demam berdarah yang berasal dari sampah-sampah itu menjadi sarang berkembang biaknya nyamuk.

Img 20231208 Wa0069

“Kami bersama instansi terkait, memiliki komitmen untuk membantu Pemda dan juga bersama sama dengan masyarakat khususnya Kesiapsiagaan kebencanaan selalu siap menjaga kebersihan lingkungan dan antisipasi segala bencana Yang akan timbul di Wilayah.”Ungkap Danramil.

“Jadi kegiatan ini juga, selain ajang memperkokoh sinergitas TNI dengan Pemerintah Daerah dan juga Polri, serta masyarakat, sekaligus menjadi kemanuggalan TNI dengan masyarakat, selain itu kegiatan tersebut sebagai bentuk edukasi terhadap masyarakat, terkait pentingnya menjaga lingkungan,” terangnya.

Dengan diadakanya Kegiatan ini, yang juga perintah Dari Komando atas, harapanya dapat meminimalisir bencana banjir, sekaligus mengantisipasi penyebaran wabah penyakit, yang diakibatkan sampah.

Selain itu Kodim Ngawi bersama Perhutani juga melaksanakan mitigasi bencana berupa penanaman pohon dan pembersihan Sungai. Untuk hari ini kami fokuskan ke pembersihan sampah di pasar-pasar tradisional. Ini menjadi perhatian kita bersama, jika kita bersama-sama peduli terhadap kondisi ini, dengan mengantisipasi sejak awal, maka dapat meminimalisasi bencana pada musim hujan,”tutupnya.

Pendim 0805

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *