Kodim 0818 Lakukan Karya Bakti Serentak, Cegah Bencana Hidrometeorolog di Wilayahnya!

  • Whatsapp
Img 20231207 Wa0170

Kabupaten Malang || Metrosurya.net – Bentuk langkah nyata dalam mencegah terjadinya bencana banjir dan longsor di wilayah binaan menghadapi musim penghujan, prajurit TNI AD khususnya Kodim di seluruh wilayah turun tangan membantu pemerintah daerah.

Salah satu langkah dilakukan jajaran Kodim 0818 Malang – Batu adalah dengan melakukan Karya Bakti Serentak pembersihan sungai, parit selokan dan pasar yang berada di Wilayah Kabupaten Malang dan Kota Batu, Kamis ( 07/12/23).

Bacaan Lainnya

Komandan Kodim 0818 Letkol Inf Arief Nurbianto S. I. P., M. M. mengatakan, operasi bersih-bersih sungai , irigasi dan pasar yang dilakukan jajaran Kodim 0818 bertujuan untuk mengantisipasi terjadi banjir dan longsor serta terhindar dari Penyakit Menular pada musim penghujan.

“Kegiatan Karya Bakti serentak Kodim 0818 dan jajaran ini dilakukan sebagai salah satu bentuk upaya preventif dalam mengantisipasi bencana banjir dan longsor, seiring dengan datang dan tingginya intensitas musim hujan pada periode bulan Desember 2023 sampai dengan Februari 2024,” tutur Dandim 0818.

Dandim menyebut potensi bencana banjir terjadi karena kurangnya kepedulian tentang kebersihan lingkungan serta banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai dan irigasi. Untuk itulah, anggota TNI dan masyarakat sampai masuk ke selokan untuk menyingkirkan sampah yang menumpuk.

“Ini juga merupakan wujud dalam melaksanakan perintah pimpinan untuk peduli terhadap lingkungan dan cegah dini potensi terjadinya banjir longsor dan penyakit menular saat musim penghujan,” ungkap Letkol Inf Arief.

Ia menjelaskan kebanyakan sampah yang diangkut didominasi sampah rumah tangga dan sampah plastik yang dibuang ke sungai oleh oknum tidak bertanggungjawab.

“Saat ini kepedulian warga terhadap bahaya sampah dinilai masih minim. Ini terbukti saat kami memungut sampah di pasar dan sepanjang sungai maupun selokan, masih banyak jenis sampah plastik yang diduga dibuang oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Untuk itu, Dandim mengimbau agar masyarakat lebih sadar untuk membuang sampah pada tempatnya. Sebab bencana banjir akan mengancam warga jika sungai menjadi tempat pembuangan sampah.

“Peduli dengan lingkungan berati kita sudah peduli dengan generasi kita di masa depan, apa yang sudah kita perbuat akan menjadi catatan amal dan kebaikan yang akan dibalas kebaikan pula kemudian hari oleh Allah SWT. Sayangi diri kita, sayangi lingkungan kita,” Pungkas Dandim 0818.

Pendim 0818

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *