Babinsa Karanganyar Berikan Sosialisasi Pembuatan Pupuk Organik kepada Petani Binaan

  • Whatsapp
Img 20231225 Wa0041

Ngawi || Metrosurya.net – Babinsa Koramil 15/Karanganyar Kodim 0805/Ngawi. Sertu Misnan melaksanakan Sosialisasi dengan Warga di wilayah binaan bersama dinas pertanian dalam proses pembuatan pupuk alami (organik) di Desa Gembol Kec.Karanganyar Kan. Ngawi. Senin (25/12/2023).

Babinsa dalam kegiatan ini menyampaikan untuk pembuatan pupuk organik dilaksanakan dengan fermentasi pupuk dengan bahan antara lain dengan menggunakan tanah bekas, kotoran hewan dicampur zat Em4 kegunaannya meningkatkan kesuburan tanah.

Bacaan Lainnya

Selain pupuk organik juga disosialisasikan pembuatan pupuk cair. Bahan yang digunakan dalam pembuatan pupuk cair antara lain bahan pupuk cair, pestisida nabati, urine sapi, empon empon, tetes tebu dan EM4 sebagai pengurai.

Img 20231225 Wa0041

“Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, bisa menambah pemahaman kami dalam pembuatan pupuk organik, hal ini tentunya menghemat pengeluaran kami untuk kebutuhan pupuk serta menyehatkan masyarakat karena mengurangi pengolahan lahan menggunakan pupuk kimia buatan pabrik,” Ucap Sertu Misnan.

Tidak lupa Babinsa juga mendukung dan memotivasi pembuatan pupuk tersebut karena menekan biaya dalam usaha pertanian serta bahan bahannya mudah di dapat dan tidak kalah dengan pupuk kimia”

Selaku Babinsa Sertu Misnan berharap kegiatan pelatihan ini bisa menjadikan para petani untuk tidak terpaku pada pupuk kimia saja akan tetapi juga bisa mengolah limbah organik yang ada di sekitar lingkungan rumah guna di jadikan pupuk agar tanaman lebih subur serta bila di konsumsi lebih sehat karena tidak menggunakan pupuk kimia. Terang Babinsa.

Pendim 0805

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *