Target 2024 CIrebon Cirebon Timur Bisa Jadi DOB, FCTM Gelar Tasyakuran

  • Whatsapp
Img 20231229 Wa0037

Cirebon || Metrosurya.net – Setelah DPRD Kabupaten Cirebon melaksanakan paripurna persetujuan Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB) Cirebon Timur, Forum Cirebon Timur Mandiri (FCTM) langsung membuat target baru.

Target FCTM tersebut adalah persetujuan Kemendagri dan DPR RI agar Cirebon Timur resmi menjadi DOB.

Bacaan Lainnya

Pada Rabu 27 Desember 2023, FCTM bersama pegiat pemekaran dan masyarakat Cirebon Timur menggelar tasyakuran atas paripurna persetujuan pemekaran Cirebon timur.

Tasyakuran diisi oleh kirab budaya, serta sholawat dan doa, dan susul oleh konser musik oleh Charly Setia Band pada malam ini.

Yang hadiri acara adalah Bupati Cirebon, Wakil Bupati, Ketua Umum FCTM, Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, Danramil, Kapolsek, Kuwu kuwu se wilayah cirebon timur dan Camat se wilayah cirebon timur, dan lain lainnya.

Ketua Umum FCTM, KH Usamah Manshur mengatakan pihaknya sangat bersyukur dengan telah dilaksanakannya Paripurna DPRD Kabupaten Cirebon untuk persetujuan pemekaran Cirebon timur.

“Kami FCTM bersyukur kehadirat Allah SWT, atas kerja sama yang baik seluruh pegiat Cirebon Timur, akhirnya tanggal 5 Desember 2023 yang lalu DPRD dan Bupati telah melakukan rapat paripurna yang isinya persetujuan pengusulan CDOB Cirebon Timur,” ujarnya.

Paripurna DPRD Kabupaten Cirebon untuk persetujuan CDOB Cirebon Timur menurut Usamah menjadi modal awal legalitas pengajuan Cirebon timur sebagai DOB.

“Inilah modal dasar awal kita memperoleh legalitas formal untuk menjadi DOB,” tuturnya.

Atas dasar itu pihaknya melakukan tasyakuran.

“Maka hari ini kami bersyukur kepada Allah, kita adakan sholawat, Cirebon timur bersholawat, disamping itu ada ramai-ramai,” ujarnya.

Langkah selanjutnya menurut Usamah yakni pengajuan DOB Cirebon Timur ditingkat Provinsi Jawa Barat.

“Progres kami berikutnya adalah ketingkat Provinsi, itu pengennya sekarang juga di Desember, jadi target 2023 itu selesai sampai provinsi,” tuturnya.

Pihaknya sangat yakin ditahun 2024 mendatang, Kemendagri dan DPR RI memberikan persetujuan Cirebon Timur sebagai DOB.

“Dan, semua administrasi data dan lain sebagainya sudah masuk provinsi, tinggal kami pendekatan seperti apa, agar di bulan Desember ini bisa rapat Paripurna DPRD Provinsi Jawa Barat, nanti disetujui oleh DPRD Provinsi dan Gubernur baru kita akan Kemendagri dan DPR RI,” ujarnya.

Pihaknya mempunyai target ditahun 2024, Cirebon timur resmi menjadi DOB.

“Jadi progres kami, 2023 selesai ditingkat Provinsi, awal 2024 kami ke kemendagri dan DPR RI,” tuturnya.

Usamah mengatakan ketika Kemendagri dan DPR RI setuju Cirebon Timur mekar, maka Cirebon timur sudah resmi menjadi DOB.

“Setelah persetujuan Kemendagri dengan DPR RI, kalau sudah menyatakan persetujuan berarti kami jadi DOB. Kalau kami ingin ditahun 2024 jadi DOB,” ungkapnya.

Nurhari – MS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *