Lestarikan Hutan, Danramil 26 Tosari Tanam 9.500 Pohon Cemara Gunung dan 300 Bunga Edelweis di BSI Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

  • Whatsapp
Img 20240108 Wa0035

Pasuruan || Metrosurya.net – Untuk terus memelihara dan menjaga agar hutan tetap asri dan alami, Letda Inf Nurkholiq danramil 0819/26 Tosari mengikuti Tandur Bareng yang diselenggarakan oleh Forum Sahabat Gunung Kota Probolinggo dan Balai Besar TNBTS serta pihak Pelindo dengan menanam Bibit Pohon Cemara Gunung 9500 dan 300 bibit Bunga Edelweis di Lokasi BSI Area Penanjakan kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Desa Wonokitri Kec.Tosari Kab.Pasuruan. Minggu (07/01/24).

Hadir dalam tandur bareng Ir. Bambang ( mewakili Kepala Besar TNBTS ) beserta Staf, Hendi Candra Wijaya ,S.KM ,M,Kes (Camat Tosari),Letda Inf Nurkholiq ( Danramil 0819/26 Tosari ) beserta 2 Orang Babinsa, Aipda Dwi (mewakili Kapolsek Tosari), Kades Se Kec.Tosari, Perwakilan Siswa SMAN 1 Tosari 50 Orang, Perwakilan Siswa SMPN 1 Tosari 50 Orang, Perwakilan Siswa SMPN 2 Tosari 50 Orang, Ketua Komunitas Baladaun Kec.Tosari beserta 10 Anggota, Ketua Paguyuban PKL Penanjakan beserta 25 anggota, Rapi 03 sebanyak Orang, Hulun Hyang Edelwis Wonokitri, Perwakilan Hotel Pelataran Tosari 7 Orang, Perwakilan Hotel Lereng Bromo Tosari, Perwakilan Hotel Lava View Probolinggo, Perwakilan Hotel Jawa Jiwa Probolinggo,Perwakilan Hotel Bromo Permai Probolinggo, Perwakilan Bromo Hill Side, Perwakilan Hotel Artotel Cabin Bromo Probolinggo dan Peserta dari berbagai Komunitas pecinta Lingkungan hidup 100 Orang.

Bacaan Lainnya

Sebelum melaksanakan penanaman pohon terlebih dahulu dilakukan do’a yang dipimpin oleh dukun Nadi agar pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik dan aman serta mendapat restu dari sang maha pencipta sehingga pohon yang ditanam dapat hidup dengan baik dan subur.

Img 20240108 Wa0032

Dalam sambutannya Hendi Candra Wijaya ,S.KM, M,Kes (Camat Tosari) mengatakan bahwa “Kami bersama dengan Forum Sahabat Gunung Kota Probolinggo, TNBTS dan PT Pelindo ( Pesero ) untuk bisa berkontribusi dalam melestarikan Lingkungan hidup dengan cara penanaman Pohon Cemara gunung dan Bunga Edelweis dengan harapan dapat memberikan manfaat terhadap hutan serta isinya,” ucap Hendi.

“Wilayah Kec.Tosari merupakan daerah resapan air, yang apabila tidak ada pohon maka bila terjadi hujan akan menyebabkan longsor dan banjir yang akan berdampak pada wilayah Bawah seperti kecamatan Grati dan Kecamatan Rejoso, Penanaman Pohon Cemara hari ini adalah bagian dari Rangkaian penanaman Pohon yg sudah dilakukan di Jemplang Kab. Malang, penanaman Cemara yang dilakukan sebagai upaya untuk menghijaukan Hutan di Area TNBTS akibat dari Kebakaran hutan yang terjadi di awal bulan September 2023,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Danramil 26 Tosari Letda Inf Nurkholiq mengungkapkan bahwa “Penanaman atau tandur bareng ini sebagai upaya untuk tetap menjaga dan memelihara kelestarian hutan, ini adalah suatu kolaborasi yang baik antara pemerintah, pecinta alam, PT Pelindo dan masyarakat serta TNI – Polri sehingga tercipta susana yang harmonis dalam merawat dan menjaga kelestarian hutan secara bersama-sama,” ungkapnya.

“Semoga ini bisa menjadi contoh dan memberikan kesadaran yang tinggi kepada masyarakat untuk selalu menjaga dan merawat hutan sehingga mereka akan selalu peduli dengan lingkungan dan alam agar kita semua bisa meminimalisir dampak yang akan dihadapi jika terjadi bencana alam dikemudian hari,” tutupnya.

Pendim 0819

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *