Forkopimda Situbondo Tinjau Pelipatan Surat Suara Pemilu 2024

  • Whatsapp
Img 20240117 Wa0104

Situbondo || Metrosurya.net – Bupati Situbondo, Dandim 0823 Situbondo, Kapolres Situbondo, Kajari Situbondo dan Ketua Pengadilan Situbondo mendatangi Resi Gudang di Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo untuk menyaksikan secara langsung Surat Suara atau Logistik KPU yang sedang di lipat oleh masyarakat, Senin (15/01/2024).

Forum Koordinasi Pimpinan Daearah Kabupaten Situbondo ini melihat secara langsung masyarakat yang sedang melipat logistik kertas suara. Dalam kesempatan tersebut bupati dan kapolres melakukan bincang-bincang singkat dengan masyarakat yang sedang bekerja melipat kertas suara tersebut.

Bacaan Lainnya

Usai mengcek logistik surat suara, Bupati Situbondo Karna Suswandi dihadapan sejumlah wartawan, mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo untuk menjaga kondusifitas menjelang Pemilu 2024. Sehingga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap terjaga dengan baik. “Kami berharap seluruh masyarakat Kabupaten Situbondo ikut menjadi keamanan, ikut mejaga kondusifitas, sehingga pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Situbondo berlangsung aman, sukses, lancar dan Jurdil,” katanya.

Lebih lanjut, bupati yang akrab disapa Bung Karna ini mengatakan, perbedaan pilihan pada Pemilu 2024 merupakan hal yang wajar dan hal yang biasa. “Kami tidak berharap, hanya karena berbeda dalam pemilihan terjadi permusuhan di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya.

Dengan situasi yang kondusif, sambung Bupati Karna, maka akan berdampak positif juga terhadap berbagai program pembangunan yang akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. “Dengan nilai-nilai kebersamaan, Insya Allah tahapan pelaksanaan Pemilu 2024 ini akan lancar dan aman serta sukses dan akan terwujud Situbondo Berjaya sebagaimana cita-cita kita bersama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolres Situbondo, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, dalam pengamanan tahapan Pemilu 2024, pihaknya telah menyiapkan personel kepolisian untuk menjaga Resi Gudang Logistik KPU Situbondo setiap hari selama 24 jam penuh.

Sedangkan, untuk pengamanan hari pencoblosan hingga pasca pencoblosan Pemilu 2024, kata Kapolres Situbondo, semua personel Polres Situbondo dipastikan terlibat. “Nanti mungkin ada bantuan dari Polda Jatim. Bisa dari Direktorat Samapta, bisa juga dari Brimob, TNI dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan pengamanan Pemilu 2024,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan, AKBP Dwi Sumrahadi, namun dia menjamin netralitas ASN dan TNI-Polri pada Pemilu 2024 ini. “Jangan diragukan lagi netralitas ASN dan TNI-Polri. Semua wajib netral, tidak boleh memihak maupun melaksanakan kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan aturan yang ada. Apabila, ada yang tak netral maka akan ditindak tegas,” tutupnya.

Dilain pihak, Ketua KPU Situbondo, Marwoto menjelaskan, pada Pemilu 2024 ini, pihaknya telah menyiapkan 2015 TPS yang tersebar di 132 desa dan 4 kelurahan. “Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang telah ditetapkan sebanyak 514.814 jiwa,” tuturnya.

Marwoto menjelaskan, Pemilu 2024 ini masyarakat akan memilih Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Calon Anggota DPR-RI, Calon DPD-RI, Calon DPRD Provinsi Jawa Timur dan Calon DPRD Kabupaten Situbondo. “Masing-masing surat suara warnanya berbeda,” jelasnya.

(H.5) – MS

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *