Latihan Penyegaran Bersama SATPAM PT Haleyora Powerindo Penempatan PLN UIP JBTB dan Pusmanpro

  • Whatsapp
20240119103642 Copy 720x500

Instruktur pelatih Chift Security PT. Haleyora Powerindo Purn Pelda Marinir Sodiq Arsyadi. (foto: istimewa) 

Metrosurya.net || Surabaya – Dalam meningkatkan skill dan performance satuan pengamanan dalam kinerja, diperlukan adanya rutinitas suatu pelatihan dan penyegaran oleh Satuan Pengamanan (Satpam) yang dirancang untuk melatih kembali dasar dasar tentang pengamanan, keselamatan dan attitude kerja seperti yang dilakukan oleh Satuan Pengamanan PT. Haleyora Powerindo yang bertugas di wilayah PT PLN (Persero) UIP JBTB mengadakan program Penyegaran rutin, dilaksanakan dihalaman kantor PLN UIP JBTB Jl.Ketintang Baru. Diikuti oleh satpam penempatan wilayah PLN UIP JBTB satpam Pusmanpro dan GI Surabaya.

Bacaan Lainnya

Target penyegaran pelatihan Satpam adalah meningkatkan dan memenyegarkan kesadaran dan disiplin peserta terhadap pentingnya keamanan, keselamatan dan tindak pencegahan kecelakaan memberikan rasa aman, nyaman dan tentram terhadap karyawan dan perusahaan.

Screenshot 20240119 102741 Copy 1080x566

Seperti yang dijelaskan instruktur pelatih Chift Security PT. Haleyora Powerindo Purn Pelda Marinir Sodiq Arsyadi mengatakan, Dalam penyegaran kali ini materi dalam giat tersebut yang kita berikan adalah latihan PBB (Peraturan Baris Berbaris) dan Drill Tongkat, dalam giat tersebut dititik beratkan pada PBB karena PBB adalah salah satu dasar untuk pembentukan atau menumbuhkan sikap disiplin terhadap Anggota Satpam selain manfaat – manfaat yang lain.

Adapun Manfaat Pelatihan baris berbaris antara lain :

1. Menumbuhkan rasa disiplin

Pelatihan baris berbaris dapat membuat peserta lebih disiplin karena harus mendengarkan dan menjalankan aba-aba yang diberikan.

2. Menumbuhkan rasa kebersamaan

Pelatihan ini juga bisa menumbuhkan rasa kebersamaan di antara peserta baris berbaris. Mereka juga dilatih untuk bekerja sama dalam mengikuti dan menjalankan aba-aba.

3. Meningkatkan daya konsentrasi

Baris berbaris membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi, mulai dari mendengarkan setiap instruksi yang diberikan hingga bergerak sesuai dengan aba-abanya.

4. Melatih solidaritas

Baris berbaris juga turut menumbuhkan dan melatih solidaritas antar anggota pramuka. Selain solidaritas, pelatihan ini juga turut menumbuhkan rasa setia kawan.

Screenshot 20240119 104054 Copy 1080x607

Selanjutnya, pembinaan, latihan dan penyegaran dilanjutkan dengan drill tongkat dengan memberikan materi cara penggunaan tongkat pada saat terjadi gangguan Kamtibmas berhadapan dengan pelaku kriminal dan tindakan lainnya.

“Walaupun dalam pelaksanaanya bisa dibilang susah-susah gampang mengingat tugas-tugas rutin yang dilakukan setiap hari seperti prosedur keamanan. Akan tetapi untuk mengoptimalkan fungsi Satuan Pengaman harus dibekali pengetahuan sehingga seluruh tugas & tanggung jawab dapat dilaksanakan secara effektif dan effisien.” kata Sodiq. Jumat (19/01/24)

Screenshot 20240119 102731 Copy 1080x588

Sodiq menambahkan, Dalam pelaksanaan tugas pokok security/satpam harus mampu melaksanakan peran melindungi, mengayomi dan pelayanan masyarakat di lingkungan kawasan kerja dan untuk diperlukan penguasaan kemampuan pelayanan, dalam setiap kegiatan pelaksanan tugas Satuan Pengamanan. Yang harus dilandasi dengan pengabdian, dengan etika dan tatakrama serta tutur kata dan keramahan(good attitude), selalu memberikan bimbingan, petunjuk, dorongan dan ajakan kepada masyarakat dilingkungan /kawasan kerjanya.

“Maka setiap personil atau Regu yang ada dalam fungsi satuan pengamanan (Satpam) harus dibekali pengetahuan intelegen dan kepemimpinan, sehingga seluruh tugas & tanggung jawab dapat dilaksanakan secara effektif dan effisien. Sehingga tercipta suasana yang aman, nyaman dan tentram, selalu meberikan pelindungan sehingga terbebas dari rasa takut dan bebas dari ancaman atau tindak kriminal.” pungkasnya. (dex)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *