Maksimalkan Peran Satlinmas, Ketua Komisi B DPRD Kab. Rembang H. Widodo Berikan Sosialisasi

  • Whatsapp
Img 20240126 092636

LASEM || Metrosurya.Net – Untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif dalam beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat perdesaan khususnya menjelang Pemilu 2024, Komisi B Bapak H.Widodo Melaksanakan Sosialisasi Peran Satlinmas dalam Penyelenggaran Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum, Kamis – Jum’at (25 – 26/01/2024).

Kegiatan yang bertajuk “Peran Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam Penyelenggaran Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum ini di gelar di Rumah Merah Heritage Lasem.

Bacaan Lainnya

Komisi B DPRD Kabupaten Rembang Bapak H. Widodo , dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran Satlinmas sekaligus memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban para Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

“Selain itu juga sebagai upaya untuk melaksanakan tugas dalam membantu penanganan kebencanaan, kegiatan sosial kemasyarakatan, serta membantu memelihara ketentraman dan ketertiban pada saat Pemilu nantinya,” terangnya.

Menurut Widodo, kegiatan ini sangat diperlukan untuk peningkatan kapasitas Satlinmas. “Karena Linmas merupakan organ keamanan yang sangat diandalkan dalam menjaga kemanan dan ketertiban khususnya di desa,” tuturnya.

Sebagian orang mungkin lupa pentingnya Satlinmas dan hanya terfokus pada peningkatan kualitas dan kuantitas peralatan pengamanan. Padahal, Satlinmas sebenarnya memiliki fungsi vital dalam penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman bagi masyarakat.

Pak Wid (sapaan akrab) menyebut, dengan adanya kegiatan ini kita akan mengetahui dan paham seberapa kesiapan Satlinmas dalam menghadapi Pemilu, karena masih ada desa yang jumlah Satlinmasnya kurang dan harus tercukupi agar kondusifitas desa bisa tercapai.

Img 20240126 095521

“Satlinmas harus paham bagaimana aturan-aturan pemilu 2024, nantinya dukungan dari Satlinmas dalam keamanannya mampu menjaga kondusifitas, keamanan dan ketertiban, sehingga pelaksanaan demokrasi dapat berjalan dengan lancar. Tugas Linmas juga difokuskan pada pengamanan di TPS dengan harapan Linmas akan dapat memberikan rasa aman bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” bebernya.

“Diharapkan anggota Satlinmas selalu waspada dalam berbagai situasi lingkungan dimanapun saat bertugas sekaligus tetap semangat dan jaga solidaritas serta bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Satlinmas,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Satpol PP Kabupaten Rembang Sulistiyono, beliau Berharap dengan di adakannya kegiatan ini Pelaksanaan pemilu 2024 di Kecamatan Lasem dapat berjalan dengan lancar kondusif dan aman terkendali, selain itu masyarakat bisa membatu Satlinmas dengan cara menjaga susana yang damai dan kondusif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *