Kisah Makam Habib Sholeh Tanggul, Dengan Air Sumber Kramatnya Yang Bisa Sembuhkan Segala Penyakit

  • Whatsapp
20240204015024 Copy 720x500 1

Jamaah Tim Lowo Ijo sedang melakukan ziarah dan menimba Air sumber Sumur keramat Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul di Lumajang, Jawa Timur. (foto: istimewa)

Jember || Metrosurya.net – Sepenggal kisah rombongan Safari religi jamaah tim Lowo Ijo dari masyarakat setempat mengenai air sumber  kramat Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid. Beliau merupakan ulama dari kalangan alawiyyin atau keturunan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam yang dianugerahi karomah oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bacaan Lainnya

Beliau dilahirkan di Desa Qorbah Ba Karman, Hadramaut, Yaman pada 17 Jumadul Ula tahun 1313 Hijriah bertepatan dengan tahun 1895 Masehi.

Img 20240203 231713
Jamaah Lowo Ijo di Makam Habib Sholeh bin Muhsin Al-Hamid Tanggul Jember.

Habib Sholeh hijrah ke Lumajang, Jawa Timur pada bulan Juni 1921 Masehi. Adapula yang menyebutkan beliau hijrah pada usia 21 tahun. Namun yang pasti, Habib Sholeh lama menetap hingga akhir hayatnya di Tanggul, Jember.

Dalam perjalanan dakwahnya, Habib Sholeh meninggalkan beberapa sumur yang bisa dikatakan sebagai ‘sumur keramat’. Salah satu sumur itu berada di daerah Tempeh, Lumajang,  Jawa Timur. Habib Sholeh Tanggul.

Dalam kisah sumur kramatnya menurut masyarakat setempat, sumur itu ampuh dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, mulai medis maupun non-medis seperti santet, teluh, sihir, tenung, maupun pelet.

Img 20240203 225446

Pada zaman dahulu, saking banyaknya tamu yang berkunjung ke tempat Habib Sholeh, sumur itu disiram dengan air zam-zam dan diludahi oleh beliau.

Disebabkan karomah seorang wali yang mencapai maqom quthub atau kedudukan tertinggi dan mulia di zamannya, air itu mampu mendatangkan manfaat bagi mereka yang membutuhkannya.

Hingga saat ini sumber sumur tersebut tidak pernah surut airnya, meskipun tiap hari mengalir dan diambil para ziarah dari segala penjuru masyarakat Indonesia. (dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *