Lebih Dari 1.100 SPKLU Tersedia, PLN Siap Layani Mobilitas EV di Hari H Pemilu 2024

  • Whatsapp
Img 20240214 Wa0019

Jakarta || Metrosurya.net – 14 Februari 2024. Sebanyak 1.124 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tersebar di seluruh Indonesia tersedia dan siap melayani kebutuhan pelanggan. PT PLN (Persero) siap mendukung mobilisasi masyarakat yang akan bepergian menggunakan _electric vehicle_ (EV) selama penyelenggaraan pesta demokrasi, Pemilu 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, memastikan bahwa SPKLU siap melayani dan memudahkan untuk masyarakat menggunakan mobil listrik selama pemilu 2024. Dalam memastikan kelancaran pemilu, PLN siap menyuplai listrik andal untuk 1.124 SPKLU yang tersebar di 776 lokasi seluruh Indonesia untuk melayani masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Dengan tersedianya 1.124 SPKLU, kami berharap dapat memberikan dukungan kepada masyarakat pengguna EV selama gelaran pemilu. SPKLU ini diharapkan dapat membantu masyarakat luas dalam menunjang aktivitas pada saat pemilu, sehingga pengguna EV tidak perlu khawatir,” ujar Darmawan.

Darmawan menyebutkan bahwa terdapat 64 Unit EV _Charger_ di 38 Titik SPKLU di Tol Trans Sumatera-Jawa. PLN juga telah menyediakan aplikasi PLN Mobile untuk membantu pengguna mencari SPKLU terdekat dari lokasi mereka.

“Masyarakat dapat melihat lokasi SPKLU yang terdekat melalui PLN Mobile. Dengan adanya aplikasi ini, pengguna tidak perlu khawatir jika menggunakan kendaraan listrik untuk menuju tempat pemungutan suara (TPS). Selain itu, kami juga menyediakan 157 unit _ultra fast charging_ dan 137 unit _fast charging,”_ ungkap Darmawan.

Selain itu, Darmawan mengatakan, dalam menjaga kenyamanan dan keamanan pelanggan selama masa pemilu, PLN telah mempersiapkan sebanyak 3.423 petugas SPKLU yang akan bersiaga selama 24 jam selama 7 hari untuk melayani pelanggan. Tidak hanya SPKLU, tersedia juga SPLU sebanyak 9.558 unit, serta 1.839 unit SPBKLU yang siap untuk dimanfaatkan masyarakat.

Untuk mengakomodir mobilisasi kendaraan listrik di lokasi-lokasi yang belum terjangkau _charging station,_ PLN menyiapkan 5 unit SPKLU _Mobile_ yang terdiri dari 2 unit _medium charging_ dan 3 unit _fast charging._

“Kami juga menyiagakan SPKLU _Mobile_ di UID (Unit Induk Distribusi) Jateng DIY dengan tipe _medium charging_ sejumlah 2 unit, SPKLU _Mobile_ di Ibu Kota Negara (IKN) sejumlah 2 unit serta SPKLU Mobile di Bandung dengan tipe _fast charging_,” kata Darmawan.

Doni, seorang pengguna EV, menyatakan bahwa keberadaan SPKLU sangat membantu, terutama karena dirinya harus menempuh jarak 60 kilometer untuk mencapai TPSnya.

“Saya kebetulan sudah pindah tempat tinggal, jadi saya harus menempuh jarak 60 km untuk sampai ke TPS. Awalnya saya ragu untuk menggunakan EV, tapi karena SPKLU sudah banyak, saya tidak ragu lagi,” kata Doni.

Doni juga menyampaikan terima kasih kepada PLN karena telah mendukung kebutuhan infrastruktur bagi pengguna kendaraan listrik selama pemilu kali ini.

“Penyebaran SPKLU ini sangat membantu. Terima kasih kepada PLN karena sudah menyiapkan ini semua bagi masyarakat,” tutup Doni. (dex)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *