Ratusan Sopir Angkutan Umum di Terminal Kepuhsari Jombang Dilakukan Tes Urine

  • Whatsapp
Img 20240413 Wa0057

Jombang || Metrosurya.net – Polres Jombang bersama Dishub melakukan tes urine pada sopir angkutan umum, untuk memastikan mereka bebas narkoba.

Ada 100 lebih sopir angkutan umum yang mengangkut pemudik menjalani tes urine di Terminal Kepuhsari, Jombang, Sabtu (13/04/2024).

Bacaan Lainnya

Kapolres Jombang, AKBP Eko Bagus Riyadi mengatakan, dilakukannya tes urine terhadap sopir angkutan umum ini untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba maupun miras.

“Tes urine para pengemudi, baik sopir bus maupun travel, bersama dengan Dishub Jombang maupun provinsi. Untuk mengantisipasi suatu penyalahgunaan, obat-obatan atau narkoba oleh sopir,” kata AKBP Eko Bagus.

Karena penyalahgunaan ini berpotensi akan menimbulkan kecelakaan, dan merugikan masyarakat,” ujarnya.

Img 20240413 Wa0056

Dari hasil tes urine terhadap ratusan sopir angkutan umum tersebut, tidak ditemukan tanda-tanda sopir yang menggunakan narkoba maupun obat-obatan terlarang.

“Keseluruhan sekitar 100, kita acak pengemudi, hasilnya nihil atau negatif,” tuturnya.

Selain melakukan tes urine pada para sopir angkutan umum, pihaknya juga melakukan tes kesehatan sekaligus mengimbau para pemudik yang ada di dalam bus.

“Betul, ini teman-teman dari urkes Polres Jombang, melaksanakan pemeriksaan tensi, tentunya untuk mengetahui kondisi kesehatan para sopir angkutan umum,” kata AKBP Eko Bagus.

Ia pun mengimbau pada para pemilik usaha jasa layanan transportasi umum, agar menyiapkan sopir cadangan, mengingat para sopir yang mengangkut penumpang ini akan menempuh perjalan jauh.

“Kita berharap, pada pengusaha angkutan umum untuk menyiapkan sopir cadangan, karena arus lalulintas ini padat, sekaligus untuk mengantisipasi apabila sopir benar-benar capek, kalau dipaksakan, bisa membahayakan keselamatan penumpang maupun sopir itu sendiri,” pungkasnya. (MDA)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *