KPU KABUPATEN REMBANG GELAR TES WAWANCARA PPK PILKADA 2024

  • Whatsapp
Screenshot 2024 0512 120741

Rembang || Metro Surya.Net _Calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) bakal menjalani tes wawancara. Ada 187 Peserta yang tersebar di 14 kecamatan dinyatakan lolos untuk mengikuti tes wawancara, tes Wawancara dilaksanakan di Fave Hotel Rembang pada hari Sabtu – Senin (11 – 13 Mei 2024).

Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Kabupaten Rembang Khoirul Umam mengatakan, tiap kecamatan yg berhak mengikuti wawancara, 3 kali kebutuhan (15) berdasarkan peringkat nilai. Dan Hasil dari wawancara, nanti akan di pilih 5 untuk menjadi PPK dan 5 sebagai cadangan untuk membantu proses Pilkada.

“10 orang itu nantinya, 5 orang jadi PPK dan 5 orang lainnya sebagai cadangan. Mereka bisa cadangan atau PAW jika terjadi sesuatu yang tidak memungkinkan untuk bertugas,” terangnya saat ditemui di ruang seleksi KPU Kabupaten Rembang, Sabtu (11/5/2024).

Beberapa pertanyaan wawancara, seperti pengetahuan seputar kepemiluan, regulasi, dan komitmen terhadap jajaran KPU. Selain itu integritas dan pengalaman dalam berorganisasi agar mampu membantu masyarakat selama proses pemungutan suara.

“Yang terpenting calon PPK benar-benar steril dari kepengurusan organisasi kepartaian, misalnya di tingkat Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan sebagainya,” tegasnya. Nantinya akan ada 70 anggota PPK yang dinyatakan lolos untuk dilantik 16 Mei mendatang.

Dari hasil pendaftar, 60 persen adalah mereka yang pernah menjadi anggota PPK dan 40 persen lainnya adalah pendaftar baru. Calon anggota PPK, Shodiqin warga Desa Gowak Kecamatan Lasem yang juga merupakan mantan penyelenggara di tingkat PPK Kecamatan Lasem mengutarakan seleksi ini merupakan kesempatan bagi semua pendaftar untuk menjadi anggota PPK diwilayah kerja masing – masing.

“Ini memang tes wawancara ke empat saya sebagai calon PPK, cukup mudah karena sebelumnya cukup lama berpengalaman dalam penyelenggaraan ditingkat PPK , jadi optimis saja diterima,” ujarnya.

Beberapa pertanyaan yang diajukan saat tes seputar regulasi kepemiluan, kewilayahan hingga teknis pelaksanaan kepemiluan. Tugas mereka ketika lolos akan membatu pelaksanaan Pilkada di tingkat kecamatan, hingga tugas delegatifnya dalam tes tertulis bagi calon anggota PPS.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *