Sudah Menjadi Tradisi Kirap Sedekah Bumi Desa Sumberdadi

  • Whatsapp
Img 20240519 Wa0060

Lamongan || Metrosurya.net – Guna melestarikan tradisi dan budaya leluhur serta bersyukur kepada tuhan Yang Maha Esa. Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, menggelar sedekah bumi. Minggu, (19/05/2024)

Kegiatan dimulai dari kirab budaya yang didalamnya terdiri dari gunungan hasil bumi dan tumpeng yang dibawa keliling start dari kediaman rumahnya Kepala Desa Sumberdadi Sugiono dusun Kedungsumber menuju ke Balai Desa Sumberdadi. Dalam acara ini, seluruh warga dari 5 Dusun yang ada di Desa Sumberdadi mengikuti prosesi ini dengan gembira.

Bacaan Lainnya

Sebagai penghormatan, Kades Sugiono selaku Kepala Desa Sumberdadi berada pada barisan pertama bersama istri tercinta yang mengenakan pakaian adat jawa Kebaya dengan mengendarai kendaraan hias kereta kencana, yang selanjutnya disusul dengan rombongan dari Pemdes Sumberdadi.

Kirab budaya ini berjalan sangat meriah dan mendapat antusias warga yang sangat luar biasa, kemudian kirab berakhir di Balai Desa Sumberdadi dan dilanjutkan doa dan makan tumpeng bersama.

Sesampainya mengikuti kirap keliling Kepala Desa Sumberdadi Sugiono dijemput dan sambut oleh warga untuk diberikan minum kelapa muda yang selanjutnya di nikmati berdua bersama istri tercintanya.

Saat di temui awak media Kades Sugiono mengucapkan syukur, “Alhamdulillah acara kirap tumpeng ini selesai dengan lancar, dan semua ini berkat kerja keras ketua panitia dan anggota serta kerjasama dan gotong royong Pemdes bersama warga se Desa Sumberdadi.

Masih Kades Sugiono, “Kegiatan sedekah bumi ini merupakan agenda tahunan yang tak pernah kami tinggalkan. Sebab, sedekah bumi menjadi salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur,”ungkapnya.

“Dengan menampilkan berbagai kreasi hias tumpeng dari hasil bumi dan jajanan pasar serta menghadirkan seni jaranan dan campursari dari kota Bojonegoro ini kami lakukan untuk melestarikan tradisi budaya jawa, peninggalan nenek moyang kita. sebab, sedekah bumi menjadi salah satu upaya untuk melestarikan warisan budaya leluhur.

Selain itu, sedekah bumi ini juga menjadi sarana untuk silaturahmi dan memperkuat kerukunan antar warga dan pemerintah desa Sumberdadi.

Sebelum mengakhiri percakapannya Abah Nono panggilan akrab Kades Sumberdadi menginginkan untuk tahun depan akan lebih meriah,”Saya berharap kegiatan seperti ini tetap dilestarikan. Sebab, saya rasa kegiatan ini sangat membawa dampak positif bagi saya sekeluarga dan warga Desa Sumberdadi, semoga tasyukuran ini membawa berkah, barokah, kesehatan, keselamatan, dan dijauhkan dari mara bahaya. “harapnya.

Masih pada kesempatan yang sama, Panitia Sedekah Bumi Desa Sumberdadi Nur Hadi menjelaskan, tradisi ini sudah digelar turun menurun sebagai wujud syukur masyarakat usai panen raya. Selain itu pihaknya ingin menjaga warisan kearifan lokal di Kabupaten Lamongan, khususnya di desa Sumberdadi kecamatan mantup yang mulai terkikis oleh kemajuan zaman.

“Acara ini kami gelar sebagai wujud syukur kita kepada Allah SWT dan para leluhur atas rejeki nikmat yang telah diberikan kepada kami. Kalau ditanya sejak kapan digelar. Sejak saya kecil acara ini sudah ada,” tandasnya. (Edi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *